28 Maret 2011

Kemenkominfo Selenggarakan Program Teknologi Informasi


Kementerian Komunikasi dan Informasi  menyelenggarakan program Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan SD dan SMP.
Namun, ada kekhawatiran biaya yang harus dikeluarkan orang tua siswa untuk masuk sekolah tersebut akan semakin melangit. Terlebih jika sekolah tersebut telah menjadi rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI).
Menanggapi kegelisahan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring, mengaku Kementerian Kominfo tidak menarik biaya tambahan, karena program ini merupakan proyek pemerintah dari APBN yang sumbernya dari pinjaman dari Jepang.
"Diknas yang bisa menjelaskan, ada biaya tambahan tidak dengan ini. Yang jelas, dari Kominfo tidak menarik pungutan apa-apa," paparnya di SMPN 1 Bantul, Sabtu (26/3).

Namun, Plt Dirjen Kominfo Suyanto, mengatakan, terkait RSBI yang sekolah di atas standar nasional, dia diperkenankan meminta partisipasi orang tua. Akan tetapi, sekolah tersebut tidak boleh memanfaatkannya dengan menarik biaya sebesar-besarnya para wali murid.
Ia menambahkan, pungutan tersebut harus akuntabel. "Sebanyak 20% dari siswa miskin harus bebas beaya dan diberi subsidi silang dari orang-orang yang mampu," ungkapnya di tempat yang sama.

Soal perawatan barang-barang yang disumbangkan dari program ini, dari kementerian pendidikan nasional ada program bantuan operasional sekolah, setiap siswa SMP menerima 575.000 per siswa per tahun.
"Kalau ada kerusakan kecil-kecil, bantuan operasional sekolah itu bisa digunakan," ujarnya.

Senada dengan Suyanto, Kepala Sekolah SMPN 1 Bantul, Bambang Edy Sulistiyana, mengatakan konsep pembiayaan RSBI menggunakan subsidi silang. "Tidak ada batasan biaya maksimal yang boleh disumbangkan orang tua murid," paparnya. Soal membebaskan 20% anak-anak miskin, Bambang menyatakan sulit mencari anak-anak tersebut. Hingga saat ini, dari 828 siswa di SMPN 1 Bantul, baru sebanyak 12 siswa yang gratis, sedangkan 124 siswa lainnya mendapatkan keringanan.(OL-12) (sumber)

PERPUSTAKAAN

Informasi Kontak
Jl. Racing Center II No.25
Karampuang
Kec. Pankukang
Makassar 90234
0411-4660084

Waktu Berkunjung:
Senin - Jumat :
Buka : 09.00
Tutup : 16.00


 

MEDIA CENTRE

BALAI BESAR PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA MAKASSAR Copyright @2010